Sejak beberapa bulan yang lalu sampai sekarang aku suka membeli koran Kompas. Semenjak aku ngebet ingin mengirim tulisan argumenku ke Kompas Kampus, aku jadi semakin sering beli koran Kompas, khususnya edisi hari Selasa. Dulu (ketika aku masih ada kuliah), tiap hari Selasa pagi, sebelum aku berangkat kuliah aku mampir ke penjual koran untuk membeli koran Kompas. Di kampus, di kelas, mau kuliah, baca koran. Selesai kuliah, baca koran lagi, hingga ada salah satu temanku yang menjulukiku tukang koran. Haha.
            Beberapa bulan setelah itu, aku baru sadar bahwa ternyata koranku sudah terkumpul banyak. Tidak tahu juga sih, perasaan tidak tiap hari aku beli koran, tapi sudah menumpuk tinggi di gudang kost. Aku cuek saja, hanya merapikan dan menaruhnya di gudang, bahkan masih tetap seperti hari-hari sebelumnya, aku terus rajin beli koran, bahkan juga beli selain hari Selasa (karena aku penasaran dengan isinya).
            Hari Kamis, 11 April 2013 kemarin tiba-tiba aku kepikiran sebuah ide yaitu membuat kliping. Aku mengingat-ingat tumpukan koranku yang ada di gudang. Sepertinya menarik, pikirku. Sudah tengah malam, aku tetap saja kepikiran ideku itu. Rasanya ingin cepat-cepat merealisasikan, tapi aku wajib tidur, karena tidak mungkin aku begadang dan tidak tidur hanya untuk gunting-gunting koran. Maklum dan sudah menjadi kebiasaanku untuk ingin terus bergerak tidak kenal waktu. Intinya cukup keras kepala sekali. :D
(Foto:Koleksi koranku, 2013)
            Hari ini, Jumat, 12 April 2013 akhirnya aku menyentuh koran-koranku. Aku mulai mencari dan menggunting artikel yang menurutku isinya bagus, menarik dan bermanfaat. Memang sih, ini seperti kurang pekerjaan, tapi bagiku ini seperti iklan di televisi, so nice. Hehe. Ngomong-ngomong tentang kliping, aku jadi ingat zaman aku masih SD (tapi aku sekolah di Madrasah Ibtidaiyah) dulu, aku sering sekali diberi tugas  oleh guru untuk membuat kliping. Mulai kliping resep masak, kliping tentang ilmu yang berkaitan dengann pelajaran di sekolah dan macam lainnya. Dulu bagiku membuat kliping cukup sulit karena harga koran dan majalah masih mahal, kecuali koran dan majalah bekas. Tapi kan dulu tugasnya cari artikel yang isinya up to date, jadi cukup kesulitan dalam mencari bahan. Herannya, mulai SMP-sekarang (kuliah semester akhir), aku tidak pernah lagi mendapat tugas untuk membuat kliping, padahal sekarang harga koran dan majalah sudah sangat terjangkau. Mungkin karena sudah beda zaman kali ya, jadi mindsetnya juga beda.
            Meskipun sedikit membosankan (menurutmu), tetapi membuat kliping memiliki beberapa manfaat positif lho, yuk read it.

Mengisi waktu luang
Untuk kamu yang sedang selo alias luang pasti akan merasakan dan mengalami mati gaya ketika tidak ada aktivitas yang bermanfaat. Mungkin di kost atau di rumah kamu hanya tidur, makan, ngenet, nonton televisi atau aktivitas lainnya yang hampir tiap hari beraktivitas sama. Aktivitas yang terus berulang dan menjadi monoton seperti itu pastinya lama-lama semakin membosankan. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengisi hari-harimu dengan aktivitas yang berbeda, salah satunya yaitu membuat kliping.

Menghibur Diri
Seperti poin di pertama, aktivitas sehari-hari yang monoton bisa membuat bosan. Jadi membuat kliping akan sangat menghibur diri dan pikiranmu, asal kamu juga menikmati aktivitas ber-kliping-ria. Ingat, harus dinikmati! Semaki kamu menikmati, semakin kamu akan dinikmatka oleh kliping. #Lho

Menambah Ilmu
Sebelum melakukan gunting-menggunting koran, kamu pastinya membaca, memilah dan memilih artikel yang menurutmu menarik. Di situ lah ilmumu semakin bertambah, karena dengan membaca artikel kamu mendapatkan ilmu baru yang mungkin belum kamu dapatkan sebelumnya. Semakin banyak artikel yang kamu baca untuk kamu gunting, semakin banyak pula ilmu yang kamu dapatkan.

Ivestasi Masa Depan
Hasil kliping yang kamu buat bisa kamu simpan, dan kelak (beberapa tahun lagi) klipingmu itu bisa dibaca oleh anak-cucumu (kalau kertasnya tidak rusak sih). Mungkin isi dari artikel di klipingmu (menurutmu) sekarang tidak begitu berguna, tetapi kelak artikel itu pasti akan berguna bagi generasi penerusmu. Mereka bisa tahu dan mendapaatkan ilmu maupun informasi dari masa kini yang mungkin sudah tidak eksis atau tidak diketahui di masa mendatang. Nah, betapa bahagianya kamu ketika kliping hasil karyamu bermanfaat untuk orang lain, pasti sangat bahagia kan? :)

Merangsang Kreativitas
Mungkin selama ini kamu melihat kliping yang bentuk dan modelnya hanya begitu-begitu saja, stylenya polos tanpa embel-embel lain (red: monoton). Nah, di sini kamu bisa membuat kliping sesuai dengan keinginanmu secara bebas. Kamu bisa bereksperimen membuat kliping yang lebih menarik dari biasanya. Mungkin artikel ditempel dengan posisi miring, kertasnya background untuk artikel diberi garis tepi atau bisa juga dengan menuliskan tanggal edisi artikelnya dan ide-ide lain sesuai kreativitasmu untuk menjadikan kliping lebih menarik. Semakin kamu rajin bereksperimen, kamu akan semakin kreatif.

Itu lah beberapa manfaat dari aktivitas membuat kliping. Bagaimana dengan kamu, sudah tertarikkah kamu untuk membuat kliping? You must try and enjoy it, you will happy! :)


Yogyakarta, 12 April 2013

0 Komentar